Akhirnya Ahok Dituntut 1 Tahun Penjara Percobaan 2 Tahun, Begini Artinya

0
1087
ahok divonis 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun

Pojoklensa Hukum – Akhirnya Jaksa menuntut hukuman 1 th. penjara dengan jaman percobaan sepanjang 2 th. pada Basuki Tjahaja Purnama dengan kata lain Ahok. Gubernur DKI Jakarta itu dinilai melangar pasal 156 KUHP. Lalu apa yang dimaksud dengan hukuman pidana percobaan?

Berdasarkan KUHP yang dikutip detikcom, Kamis (20/4/2017), hukuman pidana percobaan diatur dalam Pasal 14 a ayat 1 KUHP. Pasal itu berbunyi:

Apabila hakim menjatuhkan pidana paling lama satu tahun atau pidana kurungan, tidak termasuk pidana kurungan pengganti maka dalam putusannya hakim dapat memerintahkan pula bahwa pidana tidak usah dijalani, kecuali jika di kemudian hari ada putusan hakim yang menentukan lain, disebabkan karena si terpidana melakukan suatu tindak pidana sebelum masa percobaan yang ditentukan dalam perintah tersebut di atas habis, atau karena si terpidana selama masa percobaan tidak memenuhi syarat khusus yang mungkin ditentukan lain dalam perintah itu.

“Itu berlaku jika dalam durasi dua tahun Ahok tak melakukan tindak pidana serupa,” kata Ketua Jaksa Penuntut Umum Ali Mukartono di Ruang Sidang Auditorium Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan,

Menurut pengamat hukum Nicholay Aprilindo, maksud dari tuntutan satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun adalah, Ahok bebas alias tidak ditahan. Ahok baru akan ditahan kalau melakukan tindak pidana sepanjang masa percobaan.

Artinya Ahok bebas bersyarat dan baru akan dipenjara jika ia melanggar hukuman serupa. Sebenarnya tuntutan bebas bersyarat ini hanyalah tuntutan yang hampir sama dengan tuntutan bebas. Jaksa penuntut umum sepertinya kebingungan untuk membuktikan Ahok tidak bersalah namun juga ia harus bermain aman agar penduduk bumi datar tidak emosi lagi.

“Masa percobaan dimulai pada saat putusan telah menjadi tetap dan telah diberitahukan kepada terpidana menurut cara yang ditentukan dalam undang-undang,” ujar pasal 14 b ayat 3 KUHP.

Baca Juga :  Info Terkini Jatim-Today Demo Ormas tuntut ahok dipenjara 21/10/2016

Bagaimana seandainya didalam 2 th. ke depan Ahok berbuat pidana? Maka Ahok langsung dipenjara sepanjang 1 th. dilengkapi hukuman atas pidana yang baru dibuatnya. Ahli hukum R Soesilo menyebutkan:

Hukuman itu tidak usah dijalankan, kecuali kecuali lantas ternyata terhukum sebelum akan jaman percobaan berbuat peristiwa pidana atau melanggar perjanjian yang diadakan oleh hakim kepadanya, jadi putusan penjatuhan hukuman selalu ada, cuma pelaksanaan hukuman itu tidak dilakukan.

Kini tuntutan udah diajukan jaksa. Tapi yang memilih vonis tersedia di palu hakim.